Podcast!

Website Direktorat Digitalisasi Pembelajaran

Podcast!

  1. Arti kata podcast
  2. Alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan podcast
  3. Cara membuat podcast
  1. Arti kata podcast

    dalam bahasa Indonesia adalah siniar

    /pädˌkast/

    “a digital audio file made available on the internet for downloading to a computer or mobile device, typically available as a series, new installments of which can be received by subscribers automatically.”

    sebagai kata benda podcast berarti file audio digital yang tersedia di internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia sebagai seri, instalasi baru yang dapat diterima oleh pelanggan secara otomatis.

    “make (a digital audio file) available as a podcast.”

    sebagai kata kerja dapat bermakna membuat (file digital berbentuk audio) yang tersedia sebagai podcast

  2. Alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan podcast

    tidak dapat dipungkiri bahwa kita dapat menggunakan alat sederhana dalam membuat podcast seperti aplikasi di ponsel cerdas, audiens kita akan menghargai pendekatan yang lebih canggih dan kita ingin podcast yang dibuat terdengar sebagus mungkin.

    Berikut alat bantu yang dapat digunakan dalam pembuatan podcast:

    • NotionNotion memberi ruang kerja kolaboratif online yang menyatukan tugas dan catatan di satu tempat. Alat ini memberi seluruh tim satu lokasi sentral untuk bertukar pikiran tentang topik episode, menyusun skrip  dan mencatat selama wawancara.
    • CalendlyGunakan Calendly untuk menjadwalkan wawancara podcast, tanpa perlu terlibat dalam email bolak-balik dengan rekan pembawa acara dan tamu Anda. Cukup siapkan kalender dengan ketersediaan Anda dan bagikan dengan tamu Anda untuk menemukan waktu yang tepat untuk merekam. Ini juga menggunakan deteksi zona waktu sehingga Anda dapat dengan mudah berkoordinasi dengan tamu di zona waktu lain.
    • SquadCastWawancara podcast jarak jauh telah menjadi hal normal yang baru bagi banyak podcast, memungkinkan Anda untuk mewawancarai tamu dari seluruh dunia, bukan hanya orang-orang yang tinggal di dekatnya. Dengan Squadcast, Anda dapat merekam wawancara dengan siapa pun di dunia secara real-time dan yakin bahwa Anda akan mendapatkan rekaman berkualitas tinggi.
    • Facebook liveBanyak podcaster bekerja lebih keras dan terhubung dengan audiens mereka dengan sesi siaran langsung. Ini memungkinkan penggemar Anda yang paling antusias untuk mendengarkan podcast Anda saat Anda merekamnya—bahkan bagian yang mungkin Anda edit nanti
  3. Cara membuat podcast

    pantau terus artikel di ddp.budiluhur.ac.id untuk membuat podcast langkah demi langkah